Kenapa Kulit Bayi Berwarna Kuning?

Selasa, 12 April 2011
img
(Foto: thinkstock)
Dok, anak saya perempuan yang baru berumur 4 hari memiliki warna kulit kuning. Pertanyaan saya kenapa kulit bayi berwarna kuning? Bagaimana cara pengobatannya? Terimakasih.

Andri Firmansyah (Laki-laki 22 Tahun, Menikah), firman_tasik@yahoo.co.id
Tinggi 173 cm dan Berat 63 kg.


Jawaban

Kuning pada kulit bayi baru lahir menandakan tingginya kadar bilirubin dalam darah. Sekitar 80 persen bayi yang baru lahir mengalami kuning pada kulit yang disebut ikterik.

Bilirubin yang tinggi terdiri dari bilirubin direk dan bilirubin indirek. Bilirubin indirek artinya bilirubin yang harus berikatan dengan protein (albumin) agar dari darah bisa masuk ke dalam hati. Sedangkan bilirubin direk adalah bilirubin yang tidak perlu bantuan ikatan dengan protein, dan bilirubin ini keluar dari hati menuju saluran pencernaan yang menyebabkan feses berwarna kuning.

Pada bayi baru lahir, produksi bilirubin indirek cenderung meningkat akibat ikatan antara bilirubin indirek dengan protein relatif kurang. Hal ini karena protein bayi baru lahir relatif kurang. Proses ini menyebabkan terhambatnya bilirubin indirek masuk ke dalam hati dan terjadi penumpukan birubin indirek, sehingga terlihat kuning pada kulit.

Obatnya adalah dengan banyak minum (ASI) yang bisa membantu pengeluaran bilirubin lebih cepat. Sedangkan tindakan dengan obat-obatan sudah dihindari, dan terapi menjemur bayi saat pagi hari dapat membantu. Tetapi bila kadar bilirubinnya tinggi, terapi terbaik adalah dengan terapi sinar.

Namun jika bilirubin direk yang tinggi, berarti terdapat hambatan keluarnya bilirubin direk. Hambatan ini dapat terjadi karena adanya sumbatan (batu empedu, atresia saluran empedu) atau infeksi (hepatitis). Gejala klinis yang timbul adalah feses menjadi pucat karena bilirubin terhambat keluar, akibatnya bilirubin mencari jalan keluar melalui saluran kemih sehinggga air seni menjadi warna kuning tua.

Terapi yang bisa dilakukan umumnya dengan melakukan operasi (untuk kasus penyumbatan) atau terapi infeksi jika ditemukan adanya infeksi. Untuk itu coba tanyakan pada dokter mengapa kulit bayi bapak menjadi kuning.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.
(ver/ir)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More