Obat dan Vitamin

Rabu, 06 April 2011

Acarbose

Nama Generik: Acarbose

Nama Merek: Glucobay 50, Glucobay 100

Definisi

Acarbose memperlambat pencernaan karbohidrat di dalam tubuh. Obat ini membantu mengontrol kadar gula darah dan digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. 

Acarbose terkadang dikombinasikan dengan insulin atau obat diabetes lain. Acarbose juga digunakan untuk kebutuhan lain yang tidak tercantum disini.

Informasi Penting

Jangan menggunakan obat ini jika anda alergi terhadap acarbose, atau jika anda memiliki kondisi diabetic ketoacidosis. Jangan pula menggunakan acarbose jika anda memiliki penyakit radang usus, bisul atau penyumbatan di dalam pencernaan, atau sirosis hati. Sebelum menggunakan acarbose, bicaralah pada dokter anda jika anda memiliki penyakit hati atau gangguan perut dan pencernaan apapun.

Gunakan acarbose bersamaan pada saat pertama kali melahap makanan sampai dokter anda memberikan rekomendasi lain. Obat tersebut dapat berubah dosisnya jika anda mengalami cedera atau sakit, jika anda memiliki infeksi serius, atau jika anda harus menjalani operasi apapun. Jangan mengubah dosis  atau menghentikan penggunaan acarbose tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter anda.

Jika anda menggunakan acarbose dengan insulin atau obat diabetes lain, kadar gula darah anda akan terlalu rendah (hypoglycemia). Anda dapat mengalami hypoglycemia jika anda menunda makan, berolahraga terlalu lama, minum alkohol, atau ketika sedang stres. Gejala yang dapat terjadi antara lain sakit kepala, mual, lapar, mengantuk, lemah, pusing, pandangan kabur, detak jantung cepat, berkeringat, gemetar atau sulit berkonsentrasi. Ketika anda sedang menggunakan acarbose, permen atau tablet gula (sucrose) mungkin tidak bekerja sebaik dextrose untuk meningkatkan gula darah anda dengan cepat.

Efek Samping

Minta pertolongan medis darurat jika anda memiliki tanda apapun dari reaksi alergi ini :

•    Gatal dengan bintik merah
•    Sulit bernapas
•    Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah atau tenggorokan

Hubungi dokter anda jika anda memiliki efek samping berikut:
•    Demam ringan
•    Mual, sakit perut, hilang nafsu makan
•    Urin berwarna gelap, kotoran seperti tanah liat
•    Kulit atau mata menguning

Efek samping lainnya :
•    Sakit perut ringan, perut kembung
•    Diare
•    Ruam kulit atau gatal ringan

Gejala efek samping di atas belum lengkap dan dapat muncul gejala lain.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More