Lendir Batuk Anak Anda Sulit Keluar

Senin, 25 April 2011

Halo dok, anak saya berusia 1 tahun 7 bulan. Pada saat dia batuk berdahak sering kali dia sulit mengeluarkan dahaknya, padahal kalau saya berobat ke dokter selalu diberi obat pengencer dahak. Saya pernah dengar dari teman, jika bayi tak bisa mengeluarkan dahaknya biasanya keluarnya lewat cairan hidung atau melalui kotoran pada saat dia pup. Apa benar dok? Saya agak khawatir karena pada saat anak saya lahir, sedot hidungnya tidak sampai tuntas. Sebelumnya terima kasih atas jawabannya.
Dian (28),  Jakarta

JAWAB:
Batuk yang berlendir atau berdahak memang sering dialami oleh bayi atau anak terlebih memiliki bakat dan keturunan alergi dari orangtua kandungnya. Kondisi ini juga sering kali dialami oleh si kecil yang terpapar oleh asap, terutama asap rokok. Biasanya didahului oleh infeksi (virus) di saluran napas atas seperti selesma atau disebut common cold.
Lendir di saluran napas biasanya akan dikeluarkan oleh tubuh melalui mekanisme defens seperti batuk, bersin, atau akan tertelan dan masuk ke dalam saluran cerna, dan biasanya akan dibuang bersama dengan feses. Riwayat pengisapan lendir saat baru lahir tidak berpengaruh dalam kasus ini

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More