Kenapa Badan Anak Gatal-gatal?

Selasa, 12 April 2011
img
(Foto: thinkstock)
Dok, anak saya mengalami gatal-gatal pada seluruh tubuhnya. Awalnya gatal tersebut bernanah tapi sudah saya bawa ke dokter dan sembuh, kemudian sekarang gatalnya ganti seperti orang kudisan dan kata dokter kemungkinan alergi dari susu. Kemudian susunya saya ganti dengan merk lain, tetapi masih tetap gatal-gatal.

Pertanyaan saya apakah gatalnya tersebut dari alergi susu? Kalau alergi akibat susu kenapa jenis gatalnya berubah atau karena faktor kebersihan? Terimakasih atas jawaban dan perhatian dokter.

Ainin (Perempuan 35 Tahun, Menikah), ainin.santoso@yahoo.co.id
Tinggi Badan 158 cm dan Berat Badan 66 kg .

Jawaban

Untuk mengetahui pastinya memang diperlukan pengetesan. Bila anak mengalami alergi susu sapi, sebaiknya jangan diberikan susu sapi walupun mereknya berbeda. Alergi yang muncul dapat berupa gatal atau bentol-bentol dikulit, produksi lendir yang banyak sehingga batuk dan pilek serta bisa juga gangguan pencernakan seperti mencret.

Manifestasi alergi pada kulit bermacam macam, dapat berbentuk biduran, bercak seperti jerawat bahkan seperti bisul. Kondisi ini bisa diperparah lagi dengan kebersihan kulit yang kurang seperti keringat, kulit yang kotor, bahkan bedak atau lotion tertentu juga dapat menyebabkan anak alergi dan akan memperparah munculnya alergi pada kulit.

Jadi memang tidak mudah untuk menentukan pencetus alergi dan untuk memastikannya diperlukan tes alergi yang dilakukan oleh dokter.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222
(ver/ir)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More