Kenapa Anak Susah Bangun Pagi?

Selasa, 12 April 2011
img
(Foto: thinkstock)
Saya ibu rumah tangga dan karyawan perusahaan swasta. Setiap hari saya kewalahan membangunkan anak saya yang masih berumur 2 tahun. Anaknya susah sekali bangun pagi, selalu menangis kalau dibangunkan. Bagaimana cara membangunkan anak yang malas bangun pagi? Terimakasih

Mudah (Perempuan Menikah, 22 Tahun), mutiara@yahoo.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 40 Kg.


Jawaban

Bagi anak tidur memiliki kenikmatan tersendiri dan pola tidur anak terbentuk karena lingkungannya. Pada bayi baru lahir, lamanya tidur bisa mencapai 20 jam sehari. Namun dengan bertambah usia maka lamanya waktu tidur anak dalam sehari menjadi berkurang.

Pada usia 2 tahun seorang anak masih membutuhkan waktu tidur yang lama, yaitu dapat lebih dari 8-10 jam sehari, serta pola tidurnya juga tergantung lingkungan. Tapi pada dasarnya orangtua tidak boleh memaksakan anak bangun pagi di saat anak masih ingin tidur.

Perlakuan disiplin pada anak usia 2 tahun dengan mengharuskannya bangun pagi bukanlah tindakan yang bijak. Namun yang harus dilakukan adalah kita sebaiknya mencari tahu penyebab mengapa anak tidak mau bangun pagi.

Ibu adalah seorang karyawan swasta, tentu mempunyai kesibuhan pada siang hari. Sehingga baru sore atau malam hari berjumpa dengan buah hati. Kondisi ini kemungkinan saja membuat anak tidur larut malam sehingga sulit bangun saat pagi. Penyebab lainnya bisa pula karena pola tidurnya berbeda, yaitu siang terlalu banyak tidur sehingga malam hari menjadi tidur larut malam.

Untuk mengetahui cara membangunkan anak dengan mudah di pagi hari, cobalah orangtua menelusuri penyebabnya serta buatlah anak nyaman saat bangun pagi hari.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.

(ver/ir)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More