Kapan Tumor Jinak pada Balita Bisa Dioperasi?

Selasa, 12 April 2011
img
(Foto: thinkstock)
Dok, anak lelaki saya berusia 5,5 bulan dengan berat badan 9 kg dan tinggi 62 cm. Di jidat anak saya ada hemongioma (tumor jinak) dengan diameter 1 cm. Berdasarkan referensi Dokter Bedah, katanya hemongioma tersebut harus dioperasi. Tapi karena mempertimbangkan umur, sampai saat ini saya belum menindaklanjuti anjuran Dokter tersebut. Mohon saran, pada umur berapa sebaiknya hemongioma tersebut diambil tindakan (operasi)? Terimakasih.

Wahyati Wuriyanto (Perempuan Menikah, 35 Tahun), yati_bni@yahoo.com
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 60 Kg


Jawaban

Hemangioma merupakan pembuluh darah yang terdapat di permukaan kulit. Awalnya saat lahir hanya berupa titik merah seperti tanda lahir. Tapi seiring dengan bertambahnya umur, maka hemangioma akan membesar menjadi tumor jinak. Biasanya pertumbuhan dari hemangioma akan berhenti setelah usia 7 bulan.

Jika anak ibu belum berusia 7 bulan dan besarnya hanya kurang lebih 1 cm, sebaiknya pengobatan ditunda dahulu. Tapi dapat dilakukan terapi untuk hemangioma, terapi yang bisa dilakukan adalah dengan cara penyuntikan kortikosteroid yang diharapkan bisa membuat hemangioma mengecil.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.

(ver/ir)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More