Selasa, 12 April 2011
(Foto: thinkstock)Dok, apakah anak perempuan saya harus dikhitan (disunat) sama seperti anak laki-laki? Bahayanya apa dok jika tidak dikhitan? Terimakasih.

Chacha (Perempuan Menikah, 25 Tahun), chintya_110385@yahoo.com
Tinggi Badan 158 Cm dan Berat Badan 51 Kg


Jawaban

Khitan atau sunat merupakan suatu tradisi, yaitu dengan cara memotong kulup (kulit luar kelamin laki-laki). Pemotongan kulup ini bertujuan agar penis menjadi bersih dan kotoran yang keluar dari saluran kemih tidak terhambat.

Pada laki-laki, kulup ini sering menghambat kebersihan, karena kotoran air seni sering menempel pada kulup terutama pada bagian dalam kulup dan sering menimbulkan infeksi. Nah dengan melakukan sunat maka penis menjadi lebih bersih, sehingga menjadi 'wajib' bagi seorang laki-laki.

Pertanyaannya apakah perempuan perlu sunat?

Hingga saat ini tidak ada data ilmiah yang memberikan dukungan bahwa seorang perempuan harus disunat, karena tidak tahu apa yang dipotong. Perempuan tidak memiliki kulup, sehingga sunat pada perempuan tidak perlu.

Namun sunat pada perempuan ini banyak menjadi perdebatan dimasyarakat, karena sudah menjadi suatu tradisi.

Ada pendapat bahwa saat disunat seorang perempuan hanya disayat atau dipotong ujung klitorisnya. Bila hal ini dilakukan, justru dapat menimbulkan luka dan mempermudah infeksi bila klitoris saat disayat. Selain itu tidak ada data ilmiah yang mendukung manfaat ini.

Memang pada zaman dahulu di beberapa tempat memiliki tradisi memotong sedikit klitoris pada vagina perempuan. Tapi tindakan ini tidaklah dibenarkan.

Sunat perempuan telah banyak ditentang karena bisa menyebabkan risiko infeksi, masalah saluran kemih dan trauma mental bagi perempuan.

Sementara sunat pada laki-laki justru baik dilakukan karena terbukti bisa menjauhkan dari ancaman penyakit seperti kanker atau prostat.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222
(ver/ir)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More